Apa itu cPanel Hosting

Berikut ini sedikit ulasan mengenai pemahaman dasar tentang cPanel. cPanel adalah panel kontrol web hosting yang digunakan oleh sebagian besar penyedia hosting web untuk memungkinkan pelanggan mereka untuk berinteraksi dengan server Web mereka. cPanel memungkinkan mereka yang tidak memilikinya gelar ilmu komputer sekalipun untuk menggunakan antarmuka grafis guna melakukan hampir semua ahkifitas pada server web UNIX.

apa itu cpanelDalam pembahasan ini akan melakukan tur singkat tentang barang-barang yang ada disertakan di sebagian besar penyiapan cPanel dan apa yang dapat Anda lakukan dengan cPanel. Ketika Anda mendaftar dengan host web Anda, mereka memberi Anda sebuah tautan untuk mengakses cPanel beserta akun login.

Hal pertama yang Anda perhatikan adalah halaman pembuka atau dasbor memiliki informasi dasar tentang akun Anda di sebelah kanan dan ikon berbagai tindakan yang dapat Anda lakukan di sebelah kiri.

Di sepanjang bagian atas dapat berupa serangkaian tab yang memungkinkan Anda mengakses area lain cPanel dan akun hosting web Anda atau semuanya dapat dimasukkan dalam ikon di sebelah kiri. Setiap penyedia hosting, ada sedikit perbedaan tentang apa yang termasuk dalam data pada kanan, ikon di sebelah kiri, dan kadang-kadang tab di bagian atas.

Di sebelah kanan Anda akan melihat sebagian besar data tentang akun seperti domain Anda, akun email Anda, bandwidth bulanan, dan banyak lagi.

Di sisi kiri, ikon dikelompokkan bersama dalam kategori. Anda dapat memindahkan kotak kategori ini ke atas dan ke bawah berdasarkan pada urutan apa diinginkan untuk mengaksesnya.

Satu hal yang ingin Anda cari dalam kotak berlabel “perangkat lunak / layanan” adalah sesuatu disebut baik Naskah Sederhana atau Fantastico. Ini adalah perusahaan jasa yang memungkinkan Anda untuk menyederhanakan sebagian besar sistem manajemen konten populer.

Jika tidak muncul di kotak layanan perangkat lunak Anda, itu tidak berarti bahwa Anda tidak dapat mengatur CMS seperti WordPress, Joomla atau yang lainnya di server Anda, dan itu artinya Anda harus melakukannya secara manual.

Anda akan menggunakan banyak ikon di cPanel Anda secara teratur, tetapi mungkin itu ide yang bagus untuk memulai dengan “panduan” sebelum Anda bekerja dengan cPanel. Biasanya terletak di sudut kiri atas kategori “Preferensi” kotak.

Ketika Anda pergi untuk mengatur alamat e-mail untuk domain Anda, lihat di kotak kategori surat. Anda akan menggunakan ikon “e-mail accounts” atau “forwarder” yang ditampilkan di sini.

Dalam menyiapkan alamat email bisnis Anda, ada beberapa rincian tentang cara melakukan proses ini. Ada kotak kategori untuk Log, bagaimana Anda akan melacak jumlah pengunjung Anda dan mengakses data ke situs web Anda.

Ada kotak kategori lain untuk keamanan. Ikon paling umum yang akan Anda gunakan di sini adalah untuk “password protect directory” yaitu kata sandi untuk melindungi dalam satu folder, saat Anda ingin meminta nama pengguna dan kata sandi untuk area situs web Anda.

Sebagian besar waktu ketika Anda membuat akun di web host Anda memiliki apa yang disebut domain utama.

Jika Anda ingin memiliki domain lain dan situs web lain di akun hosting web Anda Anda dapat membuat apa yang disebut “add-on domains” dan Anda akan menggunakan ikon ini di domain kotak kategori untuk mengakses area ini.

Jika Anda menggunakan sistem manajemen konten, atau CMS, untuk mengatur situs web Anda, itu membutuhkan database untuk memelihara informasi untuk situs web. Database yang paling umum digunakan oleh CMS adalah MySQL.

Dalam kotak kategori database Anda akan menemukan “database MySQL” Anda, “MySQL database Wizard” untuk membantu Anda membangun database baru dan “PHP admin saya” untuk membantu Anda mengakses database yang sudah dibangun.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan cPanel, tetapi untuk sebagian besar pekerjaan administrasi web Anda bisa mendapatkan sebagian besar dengan informasi yang baru saya bahas.

Buat diri Anda nyaman dengan itu dan jangan ragu untuk menghubungi dukungan hosting web Anda jika Anda memerlukan bantuan dalam bekerja di cPanel.

You May Also Like

About the Author: kepriweb